Film-Film Yang Menginspirasi

Jan
2010
18

posted by on Kehidupan, Pengembangan Kepribadian

13 comments

gm-film-upSejarah film memang belum lama. Ya, sekitar seabad lalu. Tepatnya di awal abad 20. Namun film sudah begitu banyak mempengaruhi budaya manusia. Dan juga begitu banyak yang menginspirasi insan manusia.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sejak saat itu mungkin sudah ribuan bahkan jutaan judul film yang keluar. Dari film berbudget besar sampai kecil, dari studio besar di negara maju sampai sekelompok remaja di sebuah negara kecil.

Anda sudah menontonnya, entah di bioskop atau di rumah melalui VCD/DVD player. Beberapa diantaranya sudah menjadi koleksi anda. Dan di saat ada kesempatan, anda mungkin menontonnya ulang. Dan lagi dan lagi. Anda menontonnya karena film tersebut menjadi favorit anda. Anda tak bosan meski sudah menontonnya beberapa kali. Dan mungkin masih bertambah lagi nanti.

Anda menyukainya, karena film itu telah menginspirasi anda. Entah itu untuk lebih sukses, untuk lebih tangguh menghadapi hidup, curhat di kala sedih dan lainnya. Anda memiliki film seperti itu kan?

Saya juga. Saya memiliki beberapa film favorit yang sering saya putar karena menginspirasi saya. Film-film itu adalah:

gk-film-negotiator

1. The Negotiator
Film apik ini dibintangi oleh para aktor Oscar, Kevin Spacey dan Samuel L. Jakson. Film ini mengisahkan Dany Rodman, diperankan Samuel L. Jakson, seorang negosiator polisi yang difitnah teman-teman polisinya.

Yang saya suka di film ini adalah kemampuan komunikasi yang dimiliki Danny. Dengan kemampuan ini dia bisa menaklukkan orang lain dengan ucapannya. Dia juga mengetahui komunikasi non verbal, sehingga tahu apakah seseorang berbohong dengan melihat gerak-gerik tubuh.

Film ini seakan membenarkan pilihan saya pada jurusan komunikasi dulu waktu kuliah. Dan menginspirasi saya untuk tetap menekuni ilmu komunikasi. Ilmu yang sangat bermanfaat dalam bersosial dengan manusia lain.

gk-film-twister

2. Twister
Ini juga film yang dibintangi oleh bintang peraih Orscar, Helen Hunt. Pada peran yang dibintangi dan suaminya di film itu adalah seorang ilmuwan peneliti badai. Mereka begitu total mempelajari badai, sehingga dengan mengambil segenggam pasir dan menaburkannya, mereka tahu akan ada badai. Bahkan tahu lokasinya di mana dengan kecepatan berapa.

Bagi saya totalitas mereka dalam meneliti menjadikan badai seakan saudara atau anak kandung mereka yang disayangi. Sehingga sampai tahu perilakunya. Ini yang menginspirasi saya untuk total dalam suatu pekerjaan. Jangan setengah-setengah untuk menekuni bidang sesuatu seperti meneliti badai. Sesuatu yang susah diprediksi, ternyata juga bisa diketahui perilakunya.

gk-film-bigfish

3. Big Fish
Film yang dibintangi aktor yang menjadi favorit saya, Ewan Mc Gregor, bercerita tentang seorang salesman di kota kecil. Meski dia hidup di kota kecil, dia mempunyai banyak impian yang harus diwujudkan. Karena itu dia merasa bahwa kota kecil yang didiami tak bisa menampung keinginannya.

Seperti ikan, dia akan hidup berdasar pada tempat tinggalnya. Kalau dia hidup di akuarium, dia tak akan besar. Dia akan bisa lebih besar lagi di kolam. Tapi tetap tak akan besar. Untuk besar dia harus tinggal di sungai atau danau. Semakian besar tempat menampungnya, semakin besar kesempatan dia untuk berkembang.

Ini menginspirasi saya, dengan selalu melihat fasilitas apa yang saya miliki sekarang. Apakah mampu mengejar impian saya atau tidak. Kalau tidak dapat, saatnya mengganti dengan yang sesuai. Misal: suatu ketika saya merasa HP saya tidak mampu mendukung saya, karena kontak yang dimiliki tak banyak, padahal teman saya sudah demikian banyak. Karena itu perlu HP baru yang bisa mendukung banyak kontak, kalau perlu tak terbatas.

gk-film-up

4. Up.
Ya, ini film kartun garapan besutan maestro animasi Pixar yang sudah dibeli oleh Walt Disney. Film ini berkisah Mr Fredericson, bersama istrinya, yang mempunyai cita-cita menemukan daerah yang hilang, The Fall Paradise. Sejak masih balita sampai kakek nenek, bahkan istrinya kemudian meninggal duluan, dia tetap ingin mengejar cita-cita itu. Tak kenal lelah dan tak kenal menyerah. Akhirnya di sisa umurnya, dia bisa mewujudkan cita-cita itu, meski tak seindah apa yang dibayang sebelumnya.

Bagi saya ini sangat mengispirasi saya untuk bermimpi dan mengejar impian itu. Waktu atau kemustahilan, bukanlah alasan untuk berhenti mengejarnya.

Jadi, itulah 4 film yang menginspirasi hidupku. Lalu sekarang, film apa favorit anda yang telah menginspirasi kehidupan anda? [TSA, 18/1/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

5,069 total views, 9 views today

Tags: , , , , , , ,

13 comments

  1. andy
  2. asnar syarifuddin
  3. heru
  4. lita devina
  5. heru@german
  6. hade tajeri
  7. abdurrahman

Trackback e pingback

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

CommentLuv badge

Subscribe without commenting

%d bloggers like this: